Cara Menghadapi Anak Ketika Anda sedang Stres

Minggu, 18 Mei 2014

Cara Menghadapi Anak Ketika Anda sedang Stres . Berikut adalah cara orang tua memberi pengertian pada anak ketika anda sedang stres dan tidak ingin  diganggu. Ada beberapa cara agar anak mau mengerti anda , berikut uraiannya.

Pasti Anda pernah kesal karena kebanyakan pekerjaan atau stres, kan? Tiba-tiba dalam kondisi seperti itu putri Anda minta dibantu mengerjakan pekerjaan rumah. Ada baiknya Anda menghindar dulu untuk sementara waktu sebelum bertemu dengan anak.


“Jangan langsung memperlihatkan wajah cemberut, atau membantu anak tapi dengan terpaksa dan muka cemberut,” kata Ine Indriani, MPsi, psikolog dari Universitas Tarumanagara.

Jika Anda punya waktu, sebaiknya jalan-jalan dan tenangkan diri dulu hingga keruwetan hilang dari pikiran Anda. “Tapi, jika Anda tak sempat menenangkan diri, bicaralah terus terang dengan anak bahwa untuk sementara waktu Anda sedang tidak ingin diganggu," saran Ine.

Bukan berarti saat itu juga Anda bisa melampiaskan kemarahan ke anak. Anda boleh mengekpresikan kemarahan tapi dengan batasan tidak memukul atau mencubit anak. Apalagi setelah memarahi anak, Anda menambahkan label nakal pada anak.

Ine sangat melarang jika orangtua memberi label nakal kepada anaknya. “Atau memakai kalimat yang berlebihan. Misalnya, memakai kalimat berlebihan seperti 'ribuan kali' atau 'berkali-kali' untuk mengatakan anak nakal,” tandas Ine.

Kata "ribuan kali" atau "berkali-kali" yang disampaikan tidak jelas batasannya hingga anak sulit menangkap maknanya. Padahal, anak mungkin baru beberapa kali, bahkan mungkin baru sekali melakukan kesalahan. “Tapi, orangtua sudah melabel nakal kepada anak, seakan-akan ia sudah sering melakukan.”

Demikian tadi beberapa Cara Menghadapi Anak Ketika Anda sedang Stres sedang tidak ingin diganggu. Tentunya pengendalian emosi sangat diperlukan dalam kondisi seperti ini. Semoga cara in dapat bermanfaat bagi anda.
Catatan Penting...! Cara Menghadapi Anak Ketika Anda sedang Stres. Memang saya harus sedikit lebih teliti dan bekerja sebaik-baiknya untuk menyajikan ke hadapan kakak semua artikel yang berjudul Cara Menghadapi Anak Ketika Anda sedang Stres ini. Mohon komentar dong...
 
© Copyright 2010-2011 Singkat Kabar All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.