Makanan Gizi Untuk Ibu Hamil

Rabu, 04 Juli 2012

Makanan Gizi Untuk Ibu Hamil - Jika kebetulan Anda sedang hamil, maka Anda sebaiknya memperhatikan dengan serius nutrisi atau gizi makanan Anda. Sadarkah Anda bahwa pada saat hamil Anda tidak hidup sendirian. Apapun yang Anda makan akan berpengaruh pada kualitas bayi yang Anda lahirkan. Semakin baik asupan gizi Anda saat hamil, semakin baik pula kualitas nutrisi yang diserap janin.
Makanan Gizi Untuk Ibu Hamil
Maka dari itu, sekali lagi saya tekankan, bahwa keluarga dan ibu hamil seharusnya memperhatikan kualitas nutrisi dan apa yang dimakan sehari-hari pada masa kehamilan.

Sebenarnya pengaturan gizi atau nutrisi untuk ibu hamil tidak jauh berbeda dengan pengaturan gizi pada makanan sehat kita sehari-hari. Hanya saja, seorang ibu hamil wajib berhati-hati dalam memilih makanan karena apapun yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan terserap oleh janin.

Semakin tua usia kehamilan, maka semakin bertambah pula kebutuhan gizi dan nutrisi yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil. Dan semua ibu harus betul-betul memperhatikan asupan gizinya setiap hari pada saat usia kehamilan memasuki trimester kedua. Pada saat trimester kedua, janin tumbuh dengan sangat pesat, khususnya mengenai pertumbuhan otak berikut susunan syarafnya.

Makanan Gizi Untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah Makanan Gizi Untuk Ibu Hamil yang harus menjadi perhatian agar bayi yang dikandung bisa mendapatkan asupan nutisi yang cukup.
  • Kalori. Makanan Gizi Untuk Ibu Hamil yang pertama adalah kalori. Di banyak literatur dikatakan bahwa selama menjalani masa kehamilan, seorang ibu harus menambah asupan kalori pada kisaran 300-400 kkal perharinya. Kalori yang di dapat haruslah berasal dari sumber makanan yang bervariasi, dimana pola makan 4 sehat 5 sempurna harus sebagai acuannya. Baiknya, 55% kalori di peroleh dari umbi-umbian serta nasi sebagi sumber karbohidrat, lemak baik nabati maupun hewani sebanyak 35%, 10% dari protein dan sayuran serta buahan bisa melengkapi.
  • Asama Folat. Makanan Gizi Untuk Ibu Hamil yang kedua adalah Asama Folat. Asam Folat diperlukan janin untuk membentuk sel dan sistem syaraf. Pada usia kehamilan di bawah 4 bulan, janin membutuhkan tambahan asam folat sebanyak 400 mikrogram per harinya.  Asam folat bisa kita peroleh dari buah-buahan, beras merah dan sayuran hijau.

    Dan Anda sebaiknya betul-betul tahu bahwa kekurangan Asam Folat bisa menyebabkan perkembangan janin menjadi tidak sempurna dan dapat membuat janin terlahir dengan kelainan seperti mengalami anenchephaly (tanpa batok kepala), mengalami bibir sumbing dan menderita spina bifda (kondisi dimana tulang belakang tidak tersambung)..
  • Gizi Ibu Hamil Yang Tepat - Protein. Makanan Gizi Untuk Ibu Hamil yang ketiga adalah Protein. Protein juga sangat diperlukan oleh ibu hamil beserta janinya. Protein bisa didapatkan dari kacang-kacangan, tempe, putih telur, daging dan tahu. Protein adalah sumber kalori dan zat pembangun, pembentukan darah dan sel pada tubuh manusia. Dan seorang ibu hamil memerlukan protein dalam takaran sekitar 60 gram setiap harinya atau 10 gram lebih banyak dari biasanya.
  • Kalsium. Makanan Gizi Untuk Ibu Hamil yang keempat adalah kalsium. Susu, kacang-kacangan dan sayuran hijau merupakan sumber kalsium yang baik, selain kalsium, susu memiliki kandungan vitamin lain yang dibutuhkan ibu hamil, seerti vitamin A, Vitamin D, Vitamin B2 vitamin B3 dan vitamin C.

    Untuk janin, kalsium berfungsi untuk pembentukan gigi dan tulang janin. Dengan ada kalsium yang cukup selama kehamilan, ibu hamil dapat terhindar dari penyakit osteoporosis. Kenapa hal ini bisa terjadi? karena jika ibu hamil tidak memiliki kalsium yang cukup, maka kebutuhan janin akan kalsium akan diambil dari tulang ibunya.
  • Vitamin A. Makanan Gizi Untuk Ibu Hamil yang kelima adalah Vitamin A yang sangat diperlukan janin dalam menjaga fungsi mata, pertumbuhan tulang dan kulit. Selain itu vitamin A juga berfungsi sebagai imunitas dan pertumbuhan janin.
  • Zat Besi. Makanan Gizi Untuk Ibu Hamil yang keenam adalah Zat Besi yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah, sekaligus menghindarkan ibu hamil dari derita anemia. Zat besi ini mulai dibutuhkan pada saat kehamilan memasuki usia 20 minggu. Dan takaran kebutuhan zat besi pada ibu hamil aalah sebanyak 30 mg per hari. Zat besi  bisa diperoleh dengan mengkonsumsi hati, daging dan ikan.
  • Ukuran Gizi Ibu Hamil Yang Tepat - Vitamin C. Makanan Gizi Untuk Ibu Hamil yang ketuju adalah Vitamin C untuk menyerap zat besi, kesehatan gusi dan gigi, melindungi jaringan tubuh dari  berbagai macam kerusakan serta memberikan otak berupa sinyal kimia guna menyusun fungsi kekebalan tubuh. Vitamin C sangat istimewa dalam memelihara kekebalan tubuh karena  banyak mengandung antioksidan.
  • Vitamin D. Makanan Gizi Untuk Ibu Hamil yang ketuju adalah  Vitamin D yang berfunsi untuk meneyerap kalsium yang bermanfaat dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang bayi. Vitamin D dapat diperoleh dari sumber susu, kuning telur atau hati ikan.
Dengan betul-betul memperhatikan kualitas Makanan serta Gizi Untuk Ibu Hamil, maka kemungkinan besar kehamilan Anda akan berlangsung aman baik buat si ibu hamil sendiri maupun janinnya.  Makanan Gizi Untuk Ibu Hamil ini  sangat penting dan harus diperhatikan dengan seungguh-sungguh karena jika dalam waktu sekitar 9 bulan masa kehamilan Anda tidak didukung oleh asupan gizi yang memadahi, maka resiko fatal harus ditanggung si bayi dalam waktu yang lama bahkan bisa jadi seumur hidupnya.

Demikianlah informasi dan artikel yang berjudul "Makanan Gizi Untuk Ibu Hamil" dari SingkatKabar dan semoga bermanfaat buat para ibu hamil yang sedang mencari informasi  seputar kehamilan.
Catatan Penting...! Makanan Gizi Untuk Ibu Hamil. Memang saya harus sedikit lebih teliti dan bekerja sebaik-baiknya untuk menyajikan ke hadapan kakak semua artikel yang berjudul Makanan Gizi Untuk Ibu Hamil ini. Mohon komentar dong...
 
© Copyright 2010-2011 Singkat Kabar All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.