Perempuan Lebih Panjang Umur 5 Tahun dibanding Laki-laki

Rabu, 08 Agustus 2012

Perempuan Lebih Panjang Umur - Anda tahu kenapa perempuan lebih panjang umur daripada laki-laki? Saat ini para ilmuwan yakin mereka sudah menemukan petunjuk mengapa perempuan cenderung lebih panjang umur ketimbang kaum laki-laki. Petunjuk didapat setelah mereka mempelajari 13 kelompok lalat buah, baik jantan maupun betina.
Perempuan Lebih Panjang Umur 5 Tahun

Perempuan Lebih Panjang Umur 5 Tahun

Anda akan segera tahu kenapa perempuan lebih panjang umur daripada laki-laki. Dalam tulisan di jurnal Current Biology, para ahli memaparkan hasil kajian terhadap DNA mitokondria, yang menjadi sumber tenaga sel.

Perempuan Lebih Panjang Umur

Salah seorang peneliti, Damian Dowling dari Universitas Monash di Australia, merujuk pada mutasi-mutasi di dalam DNA mitokondria yang mempengaruhi seberapa lama lalat buah jantan akan terus hidup.

"Yang menarik, mutasi yang sama tidak berdampak terhadap lalat buah betina," kata Dowling. "Semua binatang memiliki mitokondria dan kecenderungan hewan betina lebih panjang umur dibandingkan jantan adalah hal yang wajar di dunia binatang."

Dia menambahkan, "Temuan kami menunjukkan mutasi di mitokondria menyebabkan hewan jantan lebih cepat mati di banyak spesies dan jenis binatang."

Para peneliti mengatakan ini semua karena mitokondria hanya didapat dari ibu dan karenanya faktor-faktor yang merusak keturunan jantan tidak terambil.

"Selama ribuan generasi, mutasi seperti ini berakumulasi dan hanya berpengaruh ke hewan-hewan jantan," kata Dowling.

Namun pakar biologi dari Universitas Newcastle, Inggris, Tom Kirkwood, mengatakan tidak sepenuhnya setuju dengan temuan ini.

"Memang kita tahu bahwa mitokondria memegang peran penting dalam faktor penuaan di banyak spesies," kata Kirkwood. "Namun ini tak menjelaskan sepenuhnya mengapa perempuan cenderung lima atau enam tahun lebih panjang umur dibandingkan laki-laki."

Menurut Kirkwood, ada banyak faktor lain yang berpengaruh terhadap usia seseorang, seperti gaya hidup, sosial, dan perilaku. "Jangan dilupakan pula bahwa ada perbedaan hormon antara pria dan wanita," tandasnya.

Demikianlah informasi kesehatan yang sangat penting yang berjudul "Perempuan Lebih Panjang Umur 5 Tahun dibanding Laki-laki" dari Singkatkabar yang semoga bermanfaat buat kita semua.
Catatan Penting...! Perempuan Lebih Panjang Umur 5 Tahun dibanding Laki-laki. Memang saya harus sedikit lebih teliti dan bekerja sebaik-baiknya untuk menyajikan ke hadapan kakak semua artikel yang berjudul Perempuan Lebih Panjang Umur 5 Tahun dibanding Laki-laki ini. Mohon komentar dong...
 
© Copyright 2010-2011 Singkat Kabar All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.